Kelangkaan Pupuk Kendala Utama Petani Semende


Novlis Heriansyah SH.Caleg DPRD Muara Enim,Dapil 4 Dari Partai Hanura No Urut 7.

Muara Enim, Jurnal Express - Sejumlah petani di Semende baik petani padi maupun  kopi mengaku bahwa kelangkaan Pupuk di tengah masyarakat selama ini merupakan kendala utama dalam peningkatkan produktivitas pengolahan sawah dan kebun.

Hal ini terungkap dari keluh kesah warga Desa Batu Surau Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) yang disampaikannya kepada Calon legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Muara Enim dari Partai Hanura No urut 7, Novlis Heriansyah, SH saat berkunjung ke areal persawahannya dalam rangka sosialisasi dan mendengar langsung keluh kesah dan permasalahan yang ada.

Darlan (48) mengakui bahwa wilayah adat bumi Semende panjang Besemah libagh ini  memiliki lahan yang sangat subur dengan suhu yang sejuk dan panoramanya yang indah, namun demikian kesuburan tanah tersebut tidak akan bertahan lama jika tidak dijaga dan dirawat sebagaimana mestinya.

"Salah satu bentuk perawatan lahan adalah dengan pemberian pupuk, kurangnya pemberian pupuk akan berdampak pada turunnya produktivitas tanaman yang dihasilkan dan sangat berpengaruh besar pada tingkat kesejahteraan Kami sebagai petani," akunya.

Ditambahkan Darlan, sebagai masyarakat desa dirinya sangat berterimakasih dan bersyukur kepada Novlis Heriansyah dalam kapasitasnya sebagai Caleg telah bersedia turun langsung ke persawahan tempat dirinya bertani padi dan mendengar langsung keluh kesah petani untuk mengetahui permasalahan rakyat kecil di lapangan.

"Meskipun hanya sebagai Caleg, niat Bapak Novlis menyerap aspirasi kami secara langsung dari lapangan setidaknya dilihat sebagai bentuk kepeduliannya terhadap para petani, saat ini tidak banyak Caleg yang bersedia bersusah payah datang ke sawah dan perkebunan hanya untuk mendengar keluh kesah Kami," tambahnya.

Darlan berharap, jika nantinya Novlis Heriansyah mendapat kepercayaan dan terpilih sebagai wakil rakyat, dirinya meminta agar keluh kesah dan
permasalahan yang disampaikannya dapat diteruskan kepada Pemerintah sehingga kebutuhan dan keperluan petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian dapat didengar dan dipenuhi Pemerintah.

Caleg Partai Hanura No urut 7, Novlis Heriansyah, SH saat dimintai komentarnya berpendapat, petani yang mengelolah sendiri lahan pertanian tentu sangat memahami bahwa ketersediaan pupuk adalah hal penting untuk diperhatikan karena menyangkut keberlangsungan hidup dan hajat orang banyak.

"Untuk sementara ini kita hanya bisa mendengar dan mengetahui secara langsung permasalahan para petani tetapi belum bisa berbuat banyak, namun jika nanti masyarakat memberikan kepercayaan untuk mewakili mereka tentunya aspirasi yang telah kita serap akan diperjuangkan," pendapatnya.

Ditegaskan Novlis Heriansyah, kalaupun dirinya nanti belum berkesempatan mewakili masyarakat Dapil 4 di Pemerintahan, dirinya tidak akan berputus asa dan akan kembali mencari jalan lain agar tetap dapat berpartisipasi untuk kemajuan wilayah Semende yang lebih baik.

Posting Komentar

0 Komentar