Wakil Walikota Prabumulih Secara Resmi Membuka TPU Sanctuary Peace Garden Prabumulih

PRABUMULIH,-- Mulai hari ini, Pemerintah Kota Prabumulih secara resmi membuka tempat pemakaman Sanctuary Peace Garden atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kota Prabumulih yang terletak tidak jauh dari tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau tepatnya mengarah ke jalan Desa Muara sungai, Kota Prabumulih.

Hal demikian di ungkapkan langsung oleh Wakil Walikota Prabumulih Adriansyah Fikri saat usai ikut memakamkan Almarhumah Ibu Sugiatih, warga Jalan Lekipali, Kelurahan Muara Dua di lokasi setempat, Kamis (03/01/2022).

Alhamdulilah hari ini kita secara sah membuka tempat penakaman umum ini sekaligus memakamkan almarhumah, dan itu untuk yang pertamakalinya di sini, semoga almarhumah diterima di sisiNya, Amin,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, pria yang akrab di sapa epek itu mempersilakan kepada seruluh warga masyarakat Kota Prabumulih yang belum atau tidak memiliki pemakaman keluarga untuk di makankan di lokasi tersebut.

“Terkadang setiap masyarakat kan ada pemakaman keluarga atau persatuan tersendiri untuk pemakaman, namun di sini kita sudah membuka pemakaman ini untuk siapapun masyarakat kota Prabumulih yang meninggal dipersilahkan dimakamkan di sini, dan itu semuanya gratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun,” terangnya.

Diterangkan juga oleh Wakil Walikota dua perode itu, bahwa komplek pemakaman seluas 10 Hektar tersebut tidak hanya untuk warga masyarakat yang beragama Muslim, namun di tempat tersebut juga disiapkan pemakaman untuk umat agama lain.

“Di sini di bagi-bagi, ada wilayah yang dikhususkan untuk pemakaman orang Muslim, dan di walayah sebelah utara dari lokasi ini dikhususkan untuk pemakaman orang non Muslim dan lain sebagainya. Karena lahan ini cukup luas untuk semua itu,”

“Namun pemakaman ini dikhususkan untuk pemakaman masyarakat Kota Prabumulih, jadi masyarakat lain belum boleh, terkecuali warga kota lain namun yang menetap di kota Prabumulih,” kata dia.

Ia juga menjelaskan, untuk menghilangkan kesan Seram, Komplek Pemakaman ini dibangun oleh Pemerintah Kota Prabumulih dengan konsep pertamanan.

“InsyaAllah kita juga sudah menganggarkan untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk pemakaman ini, sehingga tidak ada lagi kesan seram di sini dan terlihat seperti taman,” katanya.

Lebih lauh dirinya menerangkan, jika masyarakat yang hendak memakamkan keluarganya yang sudah meninggal di lokasi tersebut, dipersilahkan menghubungi pihak Dinas Sosial Prabumulih, atau pihak keluarga juga bisa datang langsung ke UPTD pemakaman yang juga berkantor di wilayah itu.

“Namun jangan lupa bawa KK dan KTP ke sini untuk dijadikan arsip,” tukasnya.(*)

Posting Komentar

0 Komentar