Siswa SMA Negeri 3 Prabumulih Raih Penghargaan Anugerah Inovator Sumsel 2022

PRABUMULIH - SMA Negeri 3 Prabumulih kembali mencatatkan namanya sebagai salah satu sekolah terbaik di Provinsi Sumsel. SMANTI sebuatan SMAN 3 baru-baru ini dianugerahi Sekolah Inovator Provinsi Sumatera Selatan 2022 Terbaik III kategori Siswa SMA/SMK INOVATIF, yang diberikan secara langsung oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru, Kamis (08/12/2022) di Griya Agung Kota Palembang.

Pengahargaan tersebut diberikan pada kalangan individu maupun lembaga yang telah membuat  inovasi dan bermanfaat bagi masyarakat banyak Khususnya di Sumsel. 

"Alhamdulillah, SMA Negeri 3 Prabumulih menjadi salah satu sekolah yang menerima penghargaan anugerah inovator provinsi sumatera selatan tahun 2022 Terbaik III kategori Siswa SMA/SMK INOVATIF" ujar Freni Listiyan, S.Pd, M.Si saat dikonfirmasi,Jumat (09/12/2022). 

Freni Listiyan mengatakan, untuk seleksinya sendiri sebagai siswa inovatif dalam persiapannya hingga meraih penghargaan kurang lebih ditempuh hampir 1 tahun. Salah satu persiapannya ialah pengiriman hasil karya inovatif siswa, seleksi berkas, wawancara, presentasi dan lainnya. Beruntungnya kami memiliki Tim yang solid, mulai dari Guru hingga para siswa bersatu padu bekerja semaksimal mungkin untuk mengikuti kegiatan. 

"Alhamdulillah kami pihak sekolah sangat bersyukur atas terpilihnya karya inovatif siswa membuat alat pemecah biji balam sebagai salah satu karya terbaik tahun 2022 ini, ini tentu saja menjadi motivasi pihak sekolah agar dapat lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa SMANTI mengikuti perlombaan mengembangkan inovasi terbaru yang lebih bermanfaat bagi masyarakat" pungkasnya.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru di sela-sela pemberian anugerah Inovator mengungkapkan bahwa penilaian inovatif yang digelar oleh Pemprov Sumsel bertujuan untuk menggali lahirnya inovator baru baik dari kalangan individu maupun lembaga. Deru berharap inovasi yang sudah tercatat agar izinnya selanjutnya dapat  dimafaatkan oleh orang lain. 

"Inovasi ini diharapkan dapat tumbuh dari segala lini kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelembagaan. Sebab sekarang ini ada opini bahwa inovasi harus  besar-besaran. Seperti Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) sangat sederhana karena hanya memanfaatkan perkarangan rumah, namun hasilnya  sangat berpengaruh terhadap upaya menekan inflasi daerah" ujar Deru.

Di lapangan lanut dia, para guru, dosen hingga ASN juga dihimbau membuat inovasi yang tidak hanya berorientasi untuk mendapatkan piala namun lebih pada manfaatnya.

Dengan demikian kedepan Sumsel akan tetap menjadi Provinsi terinovatif di Indonesia.(jm)

Posting Komentar

0 Komentar