Travo Listrik Meledak Akibat Disambar Petir.


Foto: Tampak Petugas PLN Memperbaiki Travo Yang Rusak Akibat Disambar Petir.

Prabumulih,Jurnal Ekspres. – Sambaran petir saat hujan mengguyur sekitar Jalan Jenderal Sudirman kota Prabumulih, Sumatera Selatan, Jumat (23/11/2018) sekitar pukul 18.30 WIB, mengakibatkan listrik di sebagian wilayah kecamatan Prabumulih Timur padam.

“Saya kaget, karena ada bunyi ledakan dari travo listrik di depan rumah saya. Setelah itu listrik di dalam rumah meredup,” kata Iskandar saat dilokasi kejadian, Sabtu (24/11/2018) dini hari.

Sementara itu, Kepala Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN kota Prabumulih, Sumardi didampingi Supervisor Distribusi, Fransisco Ginting menjelaskan, sekitar pukul 18.45 WIB petugas PLN datang untuk mengganti travo yang meledak akibat disambar petir. Namun, menurut dia, pergantian travo ini cukup memakan waktu cukup lama terutama saat menaikkan travo.

“Satu dinamo tidak bisa digunakan lagi. Akhirnya teknisi kita langsung melakukan pergantian travo,” ucap Fransisco Ginting saat dikonfirmasi awak media,Sabtu (24/11/2018) dini hari.

Menurutnya, travo PLN yang meledak tersebut berkapasitas 200 KVA atau sekitar 526 ampere dengan menurunkan sebanyak 8 orang personel teknisi.

“Sampai sekarang teknisi masih menanganinya. Ada sekitar 90 rumah pelanggan yang padam pak. Kalau untuk kerugian akibat travo meledak ini sekitar Rp250 juta,” tandasnya(ks).

Posting Komentar

0 Komentar