Bedakan DD/ADD, Warga Minta Pasang Spesifikasi Proyek


Salah satu pembangunan fisik di kawasan Semende Darat Tengah (SDT).

Muara Enim.Jurnalekspres.com.--- Warga Desa Muara Tenang Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) Kabupaten Muara Enin, Meminta Pemerintah desa memasang setiap bentuk pekerjaan fisik yang dibiayai negara per tahun anggaran agar masyarakat dapat mengetahui spesifikasi pekerjaan dan sumber dana tiap pekerjaan.

Warga desa Muara Tenang, Jumadil Akhir (36) saat dihubungi, Rabu (12/2/2020) mengatakan, baik secara pribadi maupun sebagai masyarakat pada umumnya, dirinya sangat berterima-kasih kepada Pemerintah di setiap tingkatan yang telah mengucurkan sejumlah anggaran dana untuk membiayai pembangunan fisik di desa Muara Tenang.

"Namun sebagai masyarakat awam kami tidak bisa mengetahui spesifikasi pekerjaan khususnya sumber dana pembiayaan pekerjaan, setahu kami setiap pembangunan di desa dibiayai oleh Dana Desa (DD) padahal menurut informasi ada juga yang dibiayai oleh Pemerintah yang lebih tinggi," katanya.

Jumadil Akhir mencontohkan, tahun 2019 lalu telah dibangun kantor Pemerintahan Desa Muara Tenang di antara wilayah aik betung dengan Jukuh Bungkar, jika tidak dipasang spesifikasi proyek tentunya masyarakat tidak bisa mengetahui sumber dana pembangunan, apakah dari DD, ADD ataukah dari Anggaran Pembiayaan Belanja Daerah (APBD) Muara Enim ?," contohnya.

Kepala desa (Kades) Muara Tenang, saat dikonfirmasi membenarkan sebagian pekerjaan pembangunan fisik tahun lalu tidak menggunakan papan proyek, menurutnya hal tersebut adalah permasalahan teknis saja, ke depan dirinya akan meminta pihak terkait untuk memasang papan proyek.

"Tidak seluruh pekerjaan pembangunan fisik tidak dilengkapi papan proyek, sebagian pengerjaan ada yang dilengkapi proyek fisik, tapi itu hanya permasalahan ketidaksengajaan pekerja di lapangan saja ke depan akan kita evaluasi dan perbaiki, saya juga berterimakasih atas pengawasan, saran dan kritik dari masyarakat," pungkasnya. (Novlis Heriansyah)

Posting Komentar

0 Komentar